USB OTG (On The Go) merupakan sebuah perangkat keras yang memungkinkan dapat terhubung pada tipe usb Android to Usb, yang dapat di gunakan berbagai macam perangkat yang dapat terhubung dalam bentuk usb, seperti Mouse,Keyboard extender, Kabel data, Joy Stick,Gamepad dan masih banyak lagi.




Pengguna Ponsel Pintar biasanya menginginkan sebuah perangkat non mobile ingin di pasang dalam android, banyak di jumpai yaitu ingin bermain game FIFA atau PES dalam smartphone Android dengan menggunakan Joystick atau stik PS, namun Joystick hanya dapat menghubungkan dengan kabel usb biasa dan diperangkat android tidak ada lubang untuk menancapkannya, oleh karena itu dibuat usb OTG untuk membantu menghubungkannya ke perangkat Android.


Smartphone pintar canggih dengan harga mahal biasanya sudah support OTG bahkan diberikan kabel tersebut. Namun tidak semua ponsel support kabel on the go, maka cara membuat Smartphone agar dapat terhubung dan bisa berjalan disemua perangkat berikut tutorialnya.



Cara Membuat Android Menjadi Support OTG

Diperlukan :
Root pada Android.
Kabel USB OTG
Belum punya USB OTG? Dapatkan disini https://www.tokopedia.com/zuam39/usb-otg-smart-mini-simple 

Step Pertama

Install Aplikasi bernama USB OTG Helper pada Android, bisa kamu cari di Google Playstore.

Step Kedua

Pasang kabel Usb Otg dan sudah dihubungkan pada perangkat yang ingin dipasang pada kabel OTG ke android. Kemudian untuk mengaktifkan OTG mode, buka Aplikasi Root Explorer, cari file bernama usbid_init.sh berada di root/system/bin/usbid_init.sh

Step Ketiga

Klik file usbid_init.sh kemudia akan muncul popup pilih execute. Kemudian akan muncul notifikasi Usb Helper klik Ok, lalu otomatis akan masuk ke aplikasi tersebut. Pilih Mount untuk mengaktifkan aplikasi, Pilih Unmount untuk mengnonaktifkan aplikasi.

Maka di status bar akan muncul icon Usb Otg, tandanya terhubung. Jika yang anda hubungkan perangkat penyimpanan flashdisk bisa anda lihat di file manager, jika yang anda hubungkan Joystick bisa digunakan.

Note: setelah menggunakan usb OTG silahkan Restart Smartphone, sehingga dapat di charge smartphone kamu.



Untuk permainan Game menggunakan Gamepad atau stik yang terhubung kabel Otg, dapat langsung ditancapkan hanya perlu diatur(Setting) dalam emulator atau game tersebut.

Cara Membuat smartphone android support usb kabel otg dapat bemanfaat.
0 Komentar untuk "Cara membuat Smartphone Android Support USB OTG"